Labels

  • TEMAN SEJATI…

    Mengerti ketika kamu berkata ‘Aku lupa’ Menunggu selamanya ketika kamu berkata ‘Tunggu sebentar’ Tetap tinggal ketika kamu berkata ‘Tinggalkan aku sendiri’ Membuka pintu meski kamu BELUM mengetuk dan berkata ‘Bolehkah saya masuk?’

  • Sahabat

    Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama karenanya…

  • Best Friends

    Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya..

Friday, February 23, 2018

Lokasi Paling Strategis di Pituruh, Purworejo

Peta Pituruh

Lokasi Paling Strategis di Pituruh, Purworejo, Kecamatan Pituruh merupakan Kota kecamatan yang saya liat paling berkembang di Wilayah Kabupaten Purworejo.
Meskipun wilayahnya paling ujung barat di Kabupaten Purworejo namun kecamatan Pituruh ditinjau dari letak strategis juga penataan wilayahnya serta topologi wilayah sangat bagus sekali dibanding dengan wilayah kecamatan sekitarnya misal, Kecamatan Kemiri, Kecamatan Bruno, Kecamatan Butuh bahkan Kecamatan Kutoarjo. 
Kondisi ini bisa dilihat dari keramaian Pusat kotanya, tepatnya didesa Pituruh itu sendiri. Di derah pasar Pituruh seperti membentuk wilayah Kawasan Central Business District (CBD) Central Business District (CBD) atau Daerah Pusat Kegiatan (DPK).
Kecamatan Pituruh memiliki
pusat pemerintahan, pasar, pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) juga alun-alun yang terpusat dalam satu wilayah yang berdekatan, bisa dikatakan Kawasan Pasar Pituruh inilah CBD dari wilayah Kecamatan Pituruh.
Ditinjau lagi dengan banyaknya pedagang kakilima yang menyediakan aneka makanan hingga larut malam.
Di Kecamatan Kemiri dan Kecamatan Butuh bahkan di Kutoarjo sendiri jam 21.00 atau jam sembilan malam rasanya sudah sangat sepi sekali, mau nyari makan pun sudah banyak yang tutup apa lagi di Kecamatan Bruno setelah magrib rasanya sudah sepi sekali.
Di Pituruh pedagang kaki lima sampai jam 02.00 masih ditemukan, apalagi kalau masih sore itu di sekitar Pasar Pituruh tak terhitung jumlah pedagang yang ada, layaknya pasar sore.
Dipasarnya sendiri setiap hari ratusan pedagang menjajahkan dagangannya, puncaknya setiap hari Selasa dan Jumat yaitu hari Pasarannya pasar Pituruh. Pedagang sampai tumpah kejalan juga sampai ke kawasan timur pasar Pituruh.
Kecamatan Pituruh memiliki daerah pendukung dari daerah-daerah yang ada di bagian utara (Pegunungan) seperti Karanganyar, Ngandagan, Kesawen, Kalikotes, Polowangi, Kaligintung, Kaliglagah, Kaligondang, Somogede, Sawangan, Wonosido, Pamriyan bahkan beberapa desa di kecamatan Bruno seperti Kemranggen, Gunung Condong, Purbayan (Kemiri) mereka menjual hasil bumi di Pasar Pituruh

Pasar Pituruh saat pasaran biasa

Pertigaan Pasar Pituruh hari pasaran biasa

Kulon Pasar Pituruh Pagi hari


Pertigaan Gereja Pituruh, jalan kses ke daerah utara




0 comments:

Post a Comment